​Gaya Fashion Tradisional Indonesia Masa Kini Bahan Kain Khas Daerah

0
403
Fashion Tradisional Indonesia

Bagi anda para pecinta fashion, mungkin sudah tidak asing lagi dengan kain batik. Para desainer menjadikan batik sebagai kain yang memiliki nilai, fashion tradisional Indonesia batik ini dipakai berbagai kalangan. Namun, kini anda perlu melirik pesona kain tradisional lain selain kain batik.
Kain tradisional khas dari daerah di Indonesia ini bisa menjadi inspirasi fashion bagi anda. Berikut ini akan dijelaskan jenis kain tradisional khas daerah di Indonesia yang bisa anda jadikan bahan membuat fashion item anda:

Fashion Tradisional Indonesia

1. Sasirangan

Kain sasirangan ini berasal dari suku Banjar di Kalimantan Selatan. Proses pembuatan kain sasirangan ini sangatlah unik yaitu dengan mencelupkan kain dalam berbagai warna sehingga akan menghasilkan motif yang unik dan beragam. Meskipun prosesnya hampir sama dengan jenis tie dye, namun kain sasirangan ini memiliki ciri khas desain kain yang tampak formal dan elegan.

2. Ulos

Kain tradisional ini berasal dari Batak. Biasanya dijadikan selendang sebagai pelengkap baju tradisional khas Batak. Kain ulos dibuat dengan cara ditenun tradisional tanpa menggunakan mesin. Hasil tenunannya sangat halus. Warna yang biasanya digunakan untuk pembuatan kain ulos ini adalah warna merah, hitam dan putih.

3. Sarung Bugis

Mendengar kata sarung, mungkin yang terlintas dalam pikiran anda adalah sarung yang dipakai untuk laki-laki. Namun, kain sarung bugis ini bisa menjadi inspirasi bahan dasar pembuatan item fashion anda seperti baju dan tas. Sarung Bugis dibuat dengan cara ditenun, namun yang membuatnya unik adalah ditenun dengan benang sutera dan rangkaian benang emas dan perak. Ciri khas kain tenun sarung bugis ini adalah perpaduan warna yang agak ramai, serta motif kotak.

4. Lurik

Kain lurik berasal dari daerah solo dan Yogyakarta. Kian luirk memiliki motif garis klasik dengan warna coklat dan hitam  menjadikan perpaduan warna yang menarik. Dengan kreativitas, kain lurik kini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan kemeja, blouse, kebaya dan dress.

5. Songket Lombok

Kain songket yang berasal dari Lombok ini memiliki corak dan warna yang cerah dan menarik. Uniknya lagi, kain ini dibuat dengan cara ditenun dan memakai paduan benang warna emas yang nantinya memberikan kesan mengkilap pada kain. Keindahan kain ini membuat wisatawan yang berkunjung ke Lombok tertarik untuk membelinya.

6. Tenun Dayak

Kain tentu yang berasal dari Dayak ini memiliki motif lokal dengan pola asimetris. Warna-warna cerah yang dimiliki oleh kain ini, membuat kain tenun Dayak ini cocok untuk anda jadikan sebagai bahan fashion item.

7. Besurek

Kain besurek memiliki motif yang hamper mirip dengan kain batik, namun memiliki keunikan dengan adanya paduan tulisan kaligrafi pada motifnya. Biasanya kain ini dipakai sebagai bahan kemeja pria.

8. Songket Palembang

Songket Palembang kini semakin terkenal di Indonesia. Tampilannya yang elegan dan cantik, membuat Kain ini bisa anda jadikan inspirasi sebagai bahan pembuatan fashion item anda. Kreativitas dari para desainer, membuat kain songket ini kian banyak diminati oleh masyarakat.

9. Tenun Ulap Doyo

Kain tenun ulap doyo berasal dari Kutai, Kalimantan Timur. Kain ini terbuat dari daun ulap doyo yang diolah menjadi benang. Ciri khas motif garis-garis dan corak flora fauna membuat kain ini semakin unik dan memberi inspirasi untuk dijadikan bahan busana.

10. Poleng

Kain ini biasa dikenal sebai kain kotak-kotak khas bali yang biasa digunakan untuk keperluan upacara religi. Kreativitas menjadikan kain poleng bisa sebagai busana, tas, dan kipas.

11. Jumputan

Kain jumputan dibuat dengan mencelupkan kain pada beberapa warna untuk menghasilkan motif yang cantik. Biasanya kain ini digunakan sebagai bahan kebaya, namun kini bisa menjadi bahan pembuatan celana harem dan outer wear.

Sekian informasi mengenai fashion tradisional Indonesia selain batik yang bisa menjadi inspirasi dalam pembuatan item fashion anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here