Tips Menjaga Kesehatan Balita Saat Musim Hujan

0
247
Menjaga Kesehatan Balita

Sekarang – sekarang ini cuaca di Indonesia semakin tak menentu. Musim hujan dan musim kemarau saja sudah tak seperti dulu lagi pembagian waktunya. Kapan masa pancaroba, kapan musim kemarau, kapan musim ganti musim ke musim hujan, dan kapan musim hujan jadi tak jelas. oleh karena itu kita sebagai orang tua harus menjaga kesehatan balita setiap saat meskipun saat musim hujan.

Efek Perubahan Musim Bagi Balita

Banyak hal yang menyebabkan dan mempengaruhi keadaan seperti ini. Namun bagi orang biasa, barang susah jika mencoba memikirkan solusi untuk kondisi alam seperti ini.

Yang bisa dilakukan hanyalah mengusahakan agar diri sendiri dan orang – orang terkasih dan terdekat selalu bisa sehat menghadapi perubahan cuaca iklim yang sekarang sering terjadi.

Dan dalam hal ini, tentu anak kecil seperti balita – lah yang paling kasihan karena mereka sedang berjuang membangun imun tubuh dan harus berjuang menghadapi faktor eksternal dari lingkungan, termasuk perubahan cuaca yang membawa banyak wabah dan virus serta penyakit.

Seperti contohnya saat musim hujan kali ini. banyak sekali penyakit yang berterbangan di sekitar kita dan anak – anak. Dengan kondisi balita yang masih rentan, penyakit lebih mudah masuk ke tubuh mereka.

Hal ini dikarenakan suhu dingin dan panas yang tak menentu dan adanya infeksi oleh mikroorganisme  yang dapat melemahkan imunitas balita.

Salah satu penyakit yang sering diderita balita saat musim seperti ini adalah sepaket demam dan flu.

Walaupun kelihatannya hal kecil tapi jangan sampai menyepelekan kondisi ini. Takutnya ini salah satu tanda adanya infeksi serius jika tidak ditangani dengan tepat. Berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan anak saat musim hujan:

Tips Menjaga Tubuh Balita

1.  Terapkan Makan Teratur

Dengan usaha preventif seperti menerapkan jadwal makan secara teratur dapat membantu proses kerja tubuh balita.

Karena dengan pola makan yang teratur maka sistem kekebalan tubuh lebih meningkat dan lebih baik tentunya. Pastikan saja agar anak anda makan minimal 3 x sehari dengan porsi cukup. Tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kandungan 4 sehat 5 sempurna bagi sang anak. Seperti meningkatkan konsumsi vitamin dari buah dan sayur. Vitamin C adalah salah satu vitamin yang dapat menjaga kesehatan balita dan meningkatkan kemampuan imun tubuh. Buah jeruk, melon, pepaya sangat baik untuk dikonsumsi saat musim hujan ini.

2.  Biasakan Untuk Istirahat Pada Siang Hari

Balita seringkali terlalu bersemangat ketika bermain. Terkadang sampai kelelahan yang mendera pun tak dihiraukan. Sebagai orang tua, kita wajib mengingatkan anak kapan waktu beristirahat. Hal ini memang terkadang dianggap oleh sebagian orang terlalu kasar karena menghentikan kegembiraan anak secara mendadak.

Namun jika tidak istirahat seperti tidur siang hari, anak anda akan mudah letih, lemah, dan penyakit pun akan lebih mudah masuk ke tubuh.

Dengan membiasakan tidur di siang hari akan memberi manfaat bagi balita supaya bisa mengisi tenaga dan membantu menunjang perkembangan metabolisme tubuh.

3.  Minum susu pagi dan malam hari

Membiasakan anak anda untuk minum susu setiap hari dapat membantu menambah nutrisi protein ke tubuh. hal ini dapat membantu anak anda untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan terpenuhinya nutrisi dalam tubuh balita, diharapkan tubuh akan dapat memproteksi diri dari penyakit yang ingin masuk. Dan tentunya akan menurunkan resiko penyakit flu dan yang sering datang saat musim hujan.

Jadi memang karena kita tahu musim hujan termasuk musim rawan penyakit, menjaga kesehatan balita sangat penting pertahanan diri perlu ditingkatkan dari segi kesehatan dengan cara menambah nutrisi dalam tubuh dan istirahat yang cukup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here