Panduan Agar Anak Jauh Dari Penyakit

0
210
Jauh Dari Penyakit

Moms, apakah anda pernah merasa panik dan sedih ketika melihat anak anda sakit, lemas, dan tak seaktif biasanya? Berikut panduan agar anak jauh dari penyakit.

Kondisi Pada Umumnya

Ternyata memang semua orang tua akan merasakan kegelisahan karena kondisi anak tercinta yang tak seperti biasanya. Sedih yang dirasakan ketika anak yang biasanya lari kesana kesini, main apa aja sampai rumah kadang seperti kapal pecah. Tapi ternyata ketika anak sakit, justru keadaan seperti ini yang sering dirindukan.

Kalau anak sudah sakit, tentu jawabannya mudah. Dibawa ke dokter untuk dimintakan obat supaya cepat sembuh. Atau dengan makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup.

Namun apa lagi sih yang perlu dilakukan agar anak jauh dari penyakit? Tentu kita semua tahu bahwa sistem imun tubuh anak belum sempurna sehingga rentan terkena penyakit. Dan dengan hal ini tentu orang tua juga tidak boleh terlalu lebai kepanikannya. Tetap harus berpikir rasional sehingga akan menemukan solusi yang tepat.

Faktor Yang Mempengaruhi

Pada dasarnya, banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan anak mudah sakit. Salah satunya karena adanya infeksi virus. Dengan perubahan cuaca yang semakin tidak menentu, virus bertambah banyak dan semakin beraneka ragam jenis dan efeknya.

Berikut beberapa tips yang mungkin bisa dicoba untuk mengurangi resiko anak tertular penyakit.

Tips Mencegah Anak Mudah Jatuh Sakit

1. ASI Eksklusif

Dengan memberikan ASIX pada bayi baru lahir sampai usia 6 bulan, berarti anda telah menyumbangkan imun terbaik bagi bayi. Hal ini tidak bermaksut mengdeskreditkan kondisi bayi yang memang butuh susu formula.

Namun memang pada kenyataannya, asix memiliki kandungan nutrisi yang tidak dimiliki oleh susu formula. Maka dari itu seringkali orang tua dulu sering berpesan supaya asix terus diberikan.

Dan memang pembentukan imun tubuh bayi akan lebih tercukupi dengan gizi dari sang ibu yang makan sayur dan lain – lain dimana lambung bayi saat bayi belum dapat memakannya.

2. Jaga Kebersihan Perlengkapan Bayi atau anak

Untuk menghindari penularan penyakit baik dari orang dewasa maupun dari ketidakbersihan lainnya,  cuci bersih semua perlengkapananak anda seperti peralatan makan, minum dan pakaian bayi – nya dengan baik dan benar. Hal ini dapat mencegah datangnya kuman dan penyakit.

3. Belajar Makan Buah dan Sayuran

Dengan hal ini, anak akan terkondisi bahwa orang tuanya suka makan buah dan sayuran sehingga mereka juga akan menirunya.

Dengan kebiasaan makan buah dan sayuran yang sedang diajarkan, anak – anak akan terbentuk pola makannya dengan buah dan sayuran tersebut. Dan ini baik bagi tubuh karena akan menyerap nutrisi yang dapat meningkatkan sistem imun dan kandunganantioksidan tinggi pada buah dan sayuran.

4. Manfaat Madu

Untuk anak dengan usia lebih dari 2 tahun, anda sudah bisa mencoba memberikan madu. Porsinya sedikit saja semisal setengah sendok terlebih dahulu.

Dengan memberikan madu secara rutin setiap hari, maka anda telah membantu anak anda agar memiliki kandungan anti virus dan anti kuman karena kekebalan tubuh yang lebih baik.

Pada dasarnya memang apa yang dilakukan orang tua akan sedikit atau banyak berpengaruh pada anak. Yang terpenting adalah orang tua harus memberikan contoh yang baik dalam hal makanan dan minuman, kebiasaan sehari – hari dan support yang penuh bagi anak agar anak anda jauh dari penyakit.

Dan jangan lupa untuk selalu memberikan asupan gizi terbaik bagi anak. Dan mendisiplinkan untuk istirahat tidur siang yang cukup. Serta minum susu setiap hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here