Sinusitis – Pengertian Gejala Penyebab dan Pengobatannya

2
501
Sinusitis

Pengertian Sinusitis

Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Inflamasi ini sering kali disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Sinus adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Sinusitis termasuk penyakit umum yang bisa menjangkiti orang-orang pada segala umur.

Sinusitis berasal dari kata sinus yang berarti rongga dan itis yang berarti radang. Jadi, sinusistis berarti adanya peradangan pada sinus yang terletak di samping kanan, kiri bawah, dan bagian atas rongga hidung. Sinus adalah rogga kosong dalam tulang tengkorak kepala kita pada daerah sekitar hidung ini berfungsi untuk mengalirkan lendir ke rongga hidung.

Letak Sinus Pada Bagian Tubuh Manusia

Sinusitis bisa terjadi pada salah satu keempat sinus yang ada yaitu sinus maksilaris yang terletak di bagian samping kanan dan kiri hidung, sinus frontalis yang terletak di dahi bagian depan antara kedua mata, sinus etnoidalis dan sfenoidalis terletak agak ke belakang, Sinusitis ini bersifat akut (berlangsung selama tiga minggu atau kurang) maupun kronis yang berlangsung selama 3-8 minggu dan dapat berlanjut sampai berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Lendir atau mukosa yang dihasilkan oleh sinus mengalir ke hidung melalui saluran-saluran kecil. Saluran ini bisa terhalang jika sinus terinfeksi atau mengalami peradangan.

Gejala Sinusitis

Berdasarkan lama gejalanya, sinusitis dibagi menjadi sinusitis akut, dan kronik. Bila gejalanya berlangsung di bawah 12 minggu masih digolongkan akut, namun bila keluhan sudah lebih dari 12 minggu maka dikategorikan kronik.

Penyakit Sinusitis Akut

Penyakit sinusitis akut pada hidung akan menyebabkan rongga nafas mengalami pembengkakan dan akan meradang. Hal inilah yang kemudian akan menyebbakan kekeringan serta menyebabkan terjadinya pembentukan lendir. Dan kondisi yang seperti ini lebih sering disebut dengan cute rhinosinusitis. Pada penderita penyakit sinusitis akut, biasanya akan mengalami sesak nafas, nafas melalui hidung. Dan daerah pada sekitar mata serta wajah kemungkinan akan mengalami pembengkakan, dan Anda akan merasakan gejala sakit dalam bentuk denyutan di wajah atau juga mengalami sakit kepala. Penyakit sinusitis pada hidung yang bersufat akut biasanya diakibatkan karena sakit flu. Dan pemicu yang lainnya didasarkan karena penyebabnya. Untuk kebanyakan kasus, pengobatan yang dilakukan dirumah adalah salah satu hal yang sangat dibutuhkan. Dan bagaimanapun juga, penyakit sinusitis pada hidung akan bertahan lama bisa menimbulkan terjadinya infeksi serius dan juga munculnya berbagai komplikasi lainnya. Dan penyakit sinusitis yang akan berakhir lebih dari 8 minggu, atau juga kambuh lagi walaupun sudah sembuh dianggap sebagai penyakit sinusitis kronis.

Penyakit Sinusitis Kronis

Sinusitis kronis atau jangka panjang adalah infeksi sinus yang bertahan lebih lama dari tiga bulan. Sinusitis kronis bisa muncul akibat infeksi bakteri sekunder atau karena alergi. Ini akan menyebabkan dinding membran hidung dan sinus mengalami peradangan. Gejala yang muncul pada sinusitis kronis antara lain:

  • Hidung beringus dan tersumbat.
  • Sakit kepala.
  • Wajah terasa nyeri.
  • Indera penciuman berkurang.
  • Bau napas.

Sinusitis Pada Anak-anak

Anak-anak dengan sinusitis akan merasa mudah kesal, tidak selera makan, dan bernapas dengan mulut. Suara mereka akan terdengar sengau. Mereka seolah-olah mengalami pilek berat karena sinusnya tertutup. Jika muncul gejala seperti itu, bawalah anak Anda untuk menemui dokter.

Gejala awal dari infeksi sinus adalah munculnya mukosa atau lendir berwarna kuning atau hijau dari hidung. Wajah juga akan terasa nyeri di sekitar dagu, mata, dan dahi, terutama jika ditekan. Sinusitis biasanya muncul setelah infeksi saluran pernapasan atas, misalnya karena pilek dan flu. Kondisi ini biasanya ringan dan akan hilang dalam waktu tiga bulan. Sinusitis juga bisa memicu terjadinya demam dan sakit gigi.

Sakit dibagian wajah dan juga dahi

Gejala penyakit sinusitis pada hidung yang sering terjadi adalah rasa sakit serta nyeri pada daerah sekitar wajah, dimana sinus yang mengalami peradangan adalah dibagian dahi, antar mata, belakang hidung, dan juga di kedua sisi hidung, rahang serta depan, gigi rahang atas, nyeri pada bagian belakang mata, di puncak kepala, serta disepanjang tengkuk.

Lendir atau Ingus

Jika Anda mengalami penyakit sinusitis pada hidung, maka gejala umum yang lainnya adalah ingus yang keluar lewat hidung yang warnanya kuning atau juga warna hijau dan ditandai dengan baunya yang tajam. Selain itu juga ingus tidak bisa mengalir ke belekang menuju ke arah tenggorokan sehingga akan merasakan gatal serta ketidaknyamanan pada bagian belakang tenggorokan.

Hidung tersumbat

Di saat yang bersamaan dengan ingus yang keluar, penyakt sinusitis pada hidung juga biasanya ditandai dengan gejala hidung yang tersumbat. Akibat dari suatu infeksi dan juga peradangan yang bisa menimbulkan terjadinya pembengkakan pada sinus dan juga dibagian dalam. Akibat dari terjadinya sumbatan di hidung, dan kmeungkinan tidak disertai juga dengan berkurangnya penciuman serta perasa atau pengecapan.

Sakit kepala

Gejala penyakit sinusitis pada hidung lainnya adalah sakit kepala. Adanya tekanan tinggi serta pembengkakan yang terjadi didaerah sinus yang terjadi dengan terus menerus akan bergema pada seluruh tengkorak, sehingga menimbulkan sakit kepala. Selain itu, rasa sakit yang muncul pada tempat-tempat yang memang kemungkinan tidak terduga, misalnya adalah sakit kepala, sakit gigi, dan juga rasa nyeri pada bagian rahang serta bagian pipi. Sakit kepala sebagai suatu akibat dari penyakit sinusitis yang sering terasa berat di pagi hari karena cairan ini sudah mengumpul di sepanjang malam.

Batuk

Gejala pennyakit sinusitis pada hidung ini disebabkan karena ingus yang menuju ke bagian belakang tenggorokan. Hal ini bisa menimbulkan terjadinya iritasi, dan yang paling utama adalah jika terjadi dalam waktu yang berkepanjangan. Hal ini akan menyebabkan batu lama dan juga sangat mengganggu. Batuk yang muncul karena penyakit sinusitis pada hidung merupakan salah satu hal yang sangat mengganggu karena cenderung lebih parah di malam hari, dan akan membuat kita menjadi susah tidur. Tidur dengan posisi setengah duduk dengan kepala yang tegak juga bisa membantu untuk mengurangi frekuensi serta intensitas batuk yang seperti ini.

Sakit tenggorokan

Penyakit sinusitis pada hidung ditandai juga dengan postnasal drop. Hal ini akan memicu terjadinya sakit tenggorokan. Dan walaupun kemungkinan awalnya hanya terasa gatal, namun jika hal ini berlangsung dalam waktu lama selama beberapa minggu atau juga lebih, lendir yang akan menyebabkan terjadinya iritasi dan juga bisa menyebabkan peradangan serta sakit.

Penyebab Sinusitis

Ada banyak hal yang bisa mengakibatkan sinus mengalami peradangan dan tersumbat. Penyebab yang paling umum adalah virus.

Akibat dari Infeksi yang Terjadi

Infeksi yang paling umum menyebabkan sinusitis adalah pilek dan flu. Virus ini bisa menyebar ke sinus-sinus melalui saluran pernapasan atas. Jika bakteri telah menyebabkan infeksi sekunder, maka akan muncul mukosa atau lendir warna kuning atau hijau. Sinus Anda akan meradang dan membengkak. Gigi yang infeksi juga kadang bisa memicu terjadinya infeksi sinus.

Peningkatan Risiko Munculnya Sinusitis

Ada beberapa faktor yang membuat sinus Anda lebih rentan untuk terserang infeksi.

  • Alergi: rinitis (radang selaput hidung), asma dan hayfever (alergi serbuk sari).
  • Penyempitan saluran hidung: ini bisa disebabkan karena luka di wajah atau tumbuhnya polip di dalam hidung. Jika mukosa atau ingus mengumpul di daerah yang menyempit, ini bisa menyebabkan infeksi sinus.
  • Iritasi: polusi udara, asap dan zat kimia. Misalnya pestisida, pembasmi hama dan deterjen rumah tangga.
  • Fibrosis sistik: kelainan genetik di mana mukosa yang kental dan lengket tertumpuk di dalam tubuh, meningkatkan risiko infeksi

Beberapa penyebab infeksi sinus kronis

  •  Konsumsi susu yang berlebihan (keju, susu, es krim, yoghurt)
  •  Alergi lingkungan
  •  Rokok dan iritasi polusi
  •  Alergi makanan
  •  Infeksi gigi
  •  Infeksi jamur di rongga sinus
  •  Sistemik Candida albicans (pertumbuhan berlebih dari jamur)
  •  Pilek dan gejala flu

Pengobatan Sinusitis

Sekitar 60% penderitas sinusitis tidak perlu menemui dokter. Kebanyakan kasus yang disebabkan oleh infeksi virus akan hilang dengan sendirinya. Sinusitis butuh waktu sekitar 2 hingga 3 minggu untuk sembuh. Dengan kata lain ketahanan sinusitis lebih lama jika dibandingkan pilek.

Untuk sinusitis ringan, obat pereda rasa sakit cukup dan dapat dibeli di apotek. Misalnya parasetamol dan ibuprofen. Obat ini bisa untuk meredakan sakit kepala, demam, dan rasa nyeri pada wajah. Untuk anak di bawah usia 16 tahun, dilarang mengonsumsi aspirin. Ibuprofen juga tidak dianjurkan untuk orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Termasuk yang menderita asma, tukak lambung, dan gagal jantung parah.

Obat-obatan dekongestan, obat tetes maupun semprot untuk hidung, bisa melegakan gejala yang muncul. Obat ini tersedia dan dijual secara bebas di apotek. Obat ini bisa mengatasi penyumbatan dan membuat Anda bisa bernapas dengan lega. Tapi obat dekongestan tidak akan membantu mempercepat pemulihan sinusitis. Obat ini juga tidak boleh digunakan lebih dari seminggu.

Konsultasikan kepada dokter sebelum mengonsumsi dekongestan dan periksakan apakah diri Anda menderita:

  • Glaukoma
  • Hipertensi yang tidak kunjung ditangani
  • Penyakit jantung
  • Masalah kelenjar tiroid
  • Pembesaran prostat
  • Diabetes

Dekongestan bisa membuat seseorang merasa gelisah dan susah tidur. Jika hal itu terjadi, kurangi minum kafein saat mengonsumsi obat ini.

Pemeriksaan oleh Dokter

Jika kondisi tidak membaik selama seminggu, misalnya sinusitis memburuk atau sinusitis terus-menerus kembali, segera temui dokter. Jika terjadi sinusitis akut atau kronis, perawatan yang seharusnya dilakukan antara lain:

  • Pemberian obat-obatan antibiotik.
  • Penggunaan obat steroid tetes atau semprot.
  • Langkah operasi jika pengobatan lainnya telah dicoba dan tidak berhasil.

Dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) akan disarankan oleh dokter umum. Dokter spesialis ini akan melakukan beberapa tes untuk mengetahui penyebab dasar sinusitis. Sinusitis kronis bisa terjadi selama beberapa bulan. Obat antihistamin akan dianjurkan jika sinusitis disebabkan oleh alergi. Obat ini digunakan untuk menghentikan gejala alergi.

Pemberian Obat-obatan Antibiotik

Antibiotik akan diberikan jika gejala sinusitis tidak menghilang setelah seminggu dan bertambah parah juga. Sekitar 33% orang yang mengidap sinusitis, akan mengalami infeksi bakteri sekunder yang akan membutuhkan pengobatan antibiotik.

Pemberian Steroid Tetes atau Semprot

Jika Anda mengalami sinusitis kronis, steroid jenis tetes atau jenis semprot akan diberikan. Obat ini bisa membantu mengurangi pembengkakan pada sinus Anda.

Pelaksanaan Operasi BSEF

Jika gejala tidak berkurang setelah pengobatan antibiotik dan Anda masih mengalami dampak dari sinusitis, bedah sinus endoskopik fungsional atau BSEF akan disarankan. BSEF adalah operasi umum untuk sinusitis. Operasi ini sangat efektif dalam mengurangi gejala yang muncul. Prosedur operasi akan dilakukan di bawah pengaruh bius umum bagi pasien, tapi operasi ini juga bisa dilakukan dengan bius lokal. Hidung pasien akan dijadikan mati rasa.

Ketika operasi, dokter bedah akan memasukkan endoskop ke dalam hidung. Endoskop adalah pipa kecil dengan lensa kamera di ujungnya untuk memperbesar tampilan dari dalam hidung. Dokter bisa melihat bagian terbuka dari saluran drainase sinus. Setelah ini, dokter bedah akan melakukan:

  • Pengangkatan jaringan, misalnya polip hidung yang menghadang sinus yang terpengaruh.
  • Pemompaan balon kecil untuk membuka saluran drainase dari sinus. Proses ini lebih dikenal sebagai dilatasi kateter balon.

Operasi ini bertujuan meningkatkan drainase sinus Anda dan membantu sinus berfungsi dengan normal kembali. Dokter bedah juga akan memasukkan implan yang akhirnya bisa larut dengan sendirinya. Implan ini akan menjaga sinus tetap terbuka dan bisa menyalurkan steroid mometasone langsung ke dinding sinus.

Pengobatan Sinusitis Secara Alami

1. Intensif Diet

Selama infeksi makan secukupnya, dengan penekanan pada biji-bijian, kacang-kacangan, lentil, ringan dimasak sayuran, sup, dan minyak yang dipres dingin. Hindari lendir membentuk makanan seperti, produk tepung, telur, coklat, gorengan dan olahan, gula dan produk susu. Minum banyak air kualitas murni.

2. Campuran Herbal

Sertakan cabe rawit, bawang putih, bawang, dan lobak dalam sup Anda dan makan, untuk membantu melarutkan dan menghilangkan lendir berlebih. Menurut panduan perawatan diri, Resep untuk Natural Cures, obat kuat drainase adalah makan sesendok kecil hancur lobak dicampur dengan air jeruk nipis, tapi pastikan untuk berada di dekat wastafel ketika hidung Anda mulai mengeluarkan lendir. Lobak Jepang dalam bentuk pasta Wasabi yang biasa digunakan sebagai pelengkap makanan juga dapat memberikan rilis cepat ke hidung. Hanya ingat, “cukup satu tetes kecil saja ya.”

3. Menggunakan Neti pot

Neti Pot mirip dengan teko teh namun ujung neti pot lebih kecil yang cocok dengan lubang hidung karena pot neti ini khusus digunakan untuk pengobatan melalui hidung. Larutkan satu sendok teh garam laut dalam 2 gelas air hangat. Berdiri di atas wastafel mengisi pot neti dengan satu cangkir air dan menempatkan ujung cerat menjadi satu lubang hidung. Miringkan kepala Anda ke samping dan memungkinkan air untuk menjalankan keluar melalui lubang hidung yang berlawanan. Hati-hati untuk tidak memiringkan kepala Anda kembali dan atas atau air akan mengubah rute ke bawah tenggorokan Anda. Isi ulang neti pot dan ulangi dengan lubang hidung lainnya.

Pastikan juga Anda tidak menggunakan air keran (tidak steril) dengan pot Neti – yang dapat menyebabkan infeksi serius akibat mikroba dalam air yang tidak bersih. Gunakanlah  air suling yang steril, atau air minum kemasan. Atau, Anda bisa merebus air keran selama beberapa menit untuk memastikan semua mikroba mati. Baca lebih lengkap cara mengobati sinusitis alami dengan air garam.

4. Cuka sari apel

Gejala awal infeksi sinusitis Anda bisa menggunakan ramuan 1-2 sendok teh cuka mentah dicampur dengan sari apel di 6 ons air dan satu sendok teh madu untuk mempermanis kemudian minum 3 kali sehari selama 5 hari. Cuka sari apel membantu lendir yang padat menjadi tipis, sehingga dapat dengan mudah dihilangkan.

5. Ekstrak biji anggur (GSE)

Ekstrak ini jeruk adalah antibiotik alami yang kuat dan digunakan untuk menghambat mikroba, parasit, bakteri, virus dan 30 jenis jamur Candida termasuk ragi. Untuk penyakit sinus Anda dapat membeli GSE sebagai semprot hidung dan menggunakannya sebagai tambahan untuk protokol pengobatan Anda.

6. Ace maxs (Extrak Kulit Manggis dan daun Sirsak)

Ace maxs adalah perpaduan kulit manggis dan daun sirsak yang memiliki kandungan zan antioksidan tinggi yang berfungsi untuk membunuh bakteri dan virus karena kulit manggis bersifat anti bakteri dan daun sirsak memiliki kandungan zat anti kanker. Selain itu zat xanthone dalam ace maxs berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terjangkit suatu penyakit, menghambat dan mendukung penghancuran sel kanker, mampu menghentikan peradangan dan pembengkakan, memperbaiki sel yang telah rusak serta melindungi sel sel dalam tubuh, serta kandungan xanthone merupakan kunci melawan penyebaran sel kanker dan virus. Sehingga sangat cocok untuk mengobati sinusitis secara alami.

7. Air Liur Lebah / PROPOLIS

Propolis merupakan zat alami yang diproduksi oleh lebah madu yang dikumpulkan dari pucuk daun-daun muda dan dicampur dengan air liur lebah, Propolis umumnya dipakai lebah sebagai menambal dan mensterilkan sarang mereka dari bakteri, jamur maupun serangan virus. Propolis cocok digunakan sebagai obat sinusitis oleh banyak orang karena selain bersifat alami tanpa efek samping, juga bisa berkerja memperbaiki seluruh sistem tubuh. Cara penggunaan propolis ini bisa di teteskan kehidung 1x sehari dan bisa juga diminum dengan dicampurkan 5 tetes propolis dengan setengah gelas air. Minumlah secara rutin 3x sehari, kemudian lihat perubahannya hari demi hari hingga seminggu.

8. Jelly Gamat

Sebenarnya obat sinusitis yang satu ini saya buat di urutan nomor 1, namun karena baru berhasil saya uji coba barulah ini saya masukkan, jelly gamat ini merupakan olahan dari Tripang atau timun laut yang memiliki banyak sekali khasiat yang salah satunya bisa mengobati sinusitis dari dalam karena memiliki kandungan yang sangat lengkap diantaranya ada omega 3, 6, 9 juga ada , antiseptik alamiah, anti peradangan dan banyak lagi. Sekarang sudah banyak dijual olahan Jelly Gamat ini diantaranya ada Jelly Gamat Gold G,
Saya sangat merekomendasikan jelly Gamat ini karena saya sudah coba, saya sudah konsumsi satu botol dan banyak sekali perubahan, ini rencana saya mau beli satu botol lagi supaya sinusitis ini gak kambuh lagi.
Pengobatan dengan Jelly gamat ini cukup 2 sendok makan sekali minum 3 kali sehari 1 jam sebelum makan, dan lebih ampuh lagi jika Anda kombinasikan dengan Daun Samiloto.

9. Terapi gurah

Gurah merupakan proses membersihkan dan mengeluarkan lendir yang kotor, beracun, dan mengandung berbagai kuman penyakit. Terapi ini bermanfaat mengeluarkan dahak atau lendir yang terdapat di rongga hidung dan tenggorokan.

Ada 2 cara yang dilakukan dalam pengobatan gurah ini yaitu,

  1. GURAH secara langsung. Caranya dengan meneteskan ramuan tanaman khusus ke dalam hidung. Khasiat ramuan tersebut membuat syaraf tubuh bereaksi mendorong dan mengeluarkan lendir kotor, berkuman penyakit, beracun ( kopi, rokok, alkohol dll) . Lendir akan keluar lewat rongga hidung dan mulut.namun cara ini sangat tidak nyaman, dan agak sakit.
  2. GURAH dengan kapsul. Caranya dengan minum ramuan tanaman khusus yang sudah dikemas dalam bentuk kapsul. Lendir akan larut dengan keringat dan keluar lewat pori-pori kulit atau lewat saluran pembuangan. Hasilnya membuat seluruh saluran pernafasan, pencernaan dan darah akan bersih.

Dari 8 cara pengobatan sinusitis alami diatas tentu tidak perlu semuanya Anda lakukan, cukup gunakan kombinasi dua atau tiga cara terbaik yang Anda yakini, saya rekomendasikan Anda menggunakan poin 1, 7 dan 8. karen poin satu mutlak harus Anda lakukan yaitu menjaga makanan, jika Anda ingin cepat sembuh, sebab sehebat apapun obat yang Anda gunakan jika pantangan penyakit tidak Anda hindari maka obat tersebut tidak akan memberikah hasil yang optimal.
Tetaplah konsultasi ke dokter THT jika Anda anggap perlu, mengkombinasikan obat-obat dari dokter dengan obat alami tidak membahayakan kesehatan Anda.

10. Ekstrak Daun Sambiloto

Daun Sambiloto sangat berkhasiat mengobati berbagai penyakit salah satunya adalah mengobati sinusitis dengan cara meneteskan ekstrak daun sambiloto (Daun sambiloto tersebut di lumatkan bisa menggunakan ulekan atau sendok hingga keluar air dari daunnya) kedalam lubang hidung beberapa tetes (3 tetes), rasanya sangat pahit apalagi saat masuk ke kerongkongan, namun khasiat untuk mengobati sisusitis begitu ampuh, lakukan tetesan daun sambiloto tersebut 2 hari sekali hingga sinusitis Anda sembuh, saya sudah ujicoba, hanya beberapa kali saja saya sudah merasa enakan, namun jika kira2 kambuh lagi sinusitisnya saya akan teteskan kembali. bisa juga dikombinasikan dengan membasuh hidung dengan air garam menggunakan nettipot.

Berikut informasi tentang sinusitis, saya rangkum dari beberapa sumber. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami gejala sinusitis dan ingin mengetahui cara pengobatannya

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here